Akhirnya setelah banyak info mengenai penutupan SPMB PKN STAN yang menimbulkan banyak pertanyaan, akhirnya Pengurus IKANAS STAN dan beberapa Alumni PKN STAN mengadakan pertemuan dengan Ibu Sri Mulyani pada hari Rabu tanggal 19 Agustus 2020.

Info SPMB PKN STAN 2021 (Hasil Rapat Ikanas STAN)
Mahasiswa PKN STAN

Berikut isi dialog atau pertemuan Info SPMB PKN STAN 2021 (Hasil Rapat Ikanas STAN) :

Seluruh Anggota IKANAS STAN yang kami hormati dan cintai,

Untuk menjawab berbagai isu yang menerpa almamater kita, PKN STAN, kami, pengurus IKANAS STAN dan beberapa alumni melakukan dialog dengan Menteri Keuangan RI, Ibu Sri Mulyani pada hari Rabu tanggal 19 Agustus 2020, pukul 16.30-17:45 WIB.

Berikut kami bisa laporkan hasil pertemuan tersebut.

Pertemuan tersebut berjalan selama lebih dari satu jam dan dihadiri oleh unsur Pengurus Inti DPP IKANAS STAN: Helmy Yahya, Irwanda Wisnu Wardhana, Sentot Wardoyo; unsur alumni: Binsar Simanjuntak, Mirawati Sudjono, Sumiyati, Wempi Saputra, Puspa Rahayu, Yustinus Prastowo, Rahmadi Murwanto; serta Pejabat Eselon I Kemenkeu yaitu Rionald Silaban (Kepala BPPK) dan Hadiyanto (Sekjend Kemenkeu) Melalui online, pertemuan berakhir dengan sejumlah poin penjelasan dan klarifikasi sbb:

Kepada Ibu SMI, saya selaku Ketua IKANAS STAN menanyakan tiga hal yang menjadi concern utama alumni selama ini untuk mendapatkan penjelasan dan/atau klarifikasi langsung oleh beliau yaitu:

  1. Terkait dengan moratorium penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN sampai dengan tahun 2024, apakah hal tersebut benar? Atau hanya tahun 2020 saja?
  2. Apakah benar radikalisme adalah alasan moratorium penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN seperti tersebar di beberapa pemberitaan?
  3. Apakah lulusan PKN STAN (khususnya D1 Bea dan Cukai) akan ditempatkan di luar Ditjen BC (diantaranya adalah POLRI)?

Menanggapi pertanyaan tersebut, Ibu SMI menyampaikan jawaban sebagai berikut:

  1. Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN tidak dilakukan pada tahun 2020, dikarenakan secara sistem penerimaan yang tidak mungkin dilakukan di tengah Pandemi Covid-19. Sementara untuk tahun 2021 dan selanjutnya, penerimaan mahasiswa akan dilakukan yang disesuaikan dengan program reformasi/penataan PKN STAN yang saat ini sedang digagas oleh tim yang melibatkan Wamenkeu, Direktur STAN, Kepala BPPK, dll.
  2. Terkait isu radikalisme, Ibu SMI menyampaikan bahwa beliau tidak pernah menggunakan kata radikalisme tapi eksklusivisme, yang dirasakan tidak saja di STAN namun juga di Kementerian Keuangan dan bukan menjadi alasan moratorium PKN STAN. Ekslusivisme bukan hanya di STAN tapi juga dirasakan di perguruan tinggi lain.
  3. Mengenai penempatan bagi para mahasiswa yang tahun ini lulus maupun lulusan yang ada di pipeline, pada saat Rapat Pimpinan telah disepakati bahwa seluruh lulusan D1 akan ditempatkan di Kemenkeu sedangkan utk D3 dilakukan seperti rencana semula.
  4. Ibu SMI menyampaikan bahwa tidak ada rencana penutupan PKN STAN bahkan sudah diberikan anggaran pembangunan gedung asrama, dll. Saat ini PKN STAN sedang melakukan penataan kelembagaan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengelola SDM keuangan negara yang handal, yang dapat dioptimalkan perannya baik di Kemenkeu maupun Kementerian atau Lembaga Lain. IKANAS STAN beserta seluruh alumni diharapkan untuk memberikan sumbangan pemikiran.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur PKN STAN menyampaikan rencana transformasi antara lain program yang dibuka hanya Diploma IV, mahasiswa/i diasramakan, dan berbagai rencana peningkatan kualitas fisik dan kurikulum serta pendidikan karakter mahasiswa/i PKN STAN.

Di penghujung pertemuan, SMI menyampaikan pesan kepada para alumni melalui ketua IKANAS STAN agar alumni STAN dimanapun sekarang untuk tetap memberikan sumbangan pemikiran utk transformasi PKN STAN dan secara umum pembangunan bangsa.

Saya juga menyampaikan bahwa IKANAS STAN menyambut baik reformasi PKN STAN dan menyampaikan kesediaan untuk membantu Kemenkeu dalam melakukan proses transformasi. Kemudian Bang Binsar Simanjuntak juga menyampaikan kesiapannya untuk memberikan masukan untuk transformasi PKN STAN.

Demikian hasil pertemuan antara pengurus IKANAS STAN dan perwakilan alumni dengan Ibu SMI kami sampaikan. Semoga dapat memberikan informasi yang mencerahkan kepada para alumni. Terima kasih.

Salam hormat IKANAS STAN
Helmy Yahya, Ketua
Irwanda W. Wardhana, Wakil Ketua