MST PATTERN

Pola Rahasia untuk masuk PKN STAN

BACA INI SAMPAI HABIS, INI MINDSET KHUSUS HANYA ADA DI YUKBIMBEL

Setelah melakukan riset kepada lebih dari 1000 calon mahasiswa PKN STAN sebelum meraka ujian SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) PKN STAN, lebih dari 500 responden menjawab sering mengikuti tryout sebagai senjata utama dalam menghadapi ujian SPMB PKN STAN, 400 responden menjawab hanya mengandalkan latihan soal dari buku sebagai senjata utama, dan kurang dari 100 orang yang menggunakan Pola MST (Materi, Soal, Tryout).

MST Pattern atau Pola MST (Materi, Soal, Tryout) merupakan pola hasil riset selama 2 tahun, dimana respondennya berasal dari mahasiswa PKN STAN.

Lebih dari 85% mahasiswa PKN STAN menggunakan Pola MST sebagai sanjata utama mereka dalam menghadapi ujian SPMB PKN STAN.

Berdasarkan riset yang telah disebutkan di atas, tryout merupakan senjata utama yang paling banyak dipakai. Bayangkan, jika kita mengikuti tryout tetapi belum memahami materi yang ada di dalam tryout tersebut, pasti hasilnya tidak maksimal.

Di tempat kedua, senjata utama calon mahasiswa PKN STAN adalah buku yang berisi soal-soal latihan. Jika kita mengerjakan soal-soal latihan tetapi materi dari soal tersebut belum kita kuasai, sering kali kita langsung melihat ke halaman jawaban dari soal tersebut. Paham materi adalah kunci utama sebelum mengerjakan soal-soal dan mengikuti tryout.

Paham materi merupakan pondasi/modal terbesar yang harus dikuasai sebelum mengikuti ujian SPMB PKN STAN. Jika sudah menguasai materi, maka sudah 50% di tahap dapat mengerjakan soal-soal SPMB PKN STAN dengan baik.

Setelah menguasai materi-materi yang akan diujikan dalam SPMB PKN STAN, tahap selanjutnya yaitu mengerjakan soal-soal SPMB PKN STAN tahun-tahun sebelumnya atau soal dari materi-materi yang sering keluar dalam ujian SPMB PKN STAN. Jika saat mengerjakan soal tidak langsung melihat ke halaman jawaban, dipastikan kesiapan dalam menghadapi ujian SPMB PKN STAN sudah 75%.

Tahap terakhir yaitu mengikuti tryout-tryout SPMB PKN STAN. Tryout adalah tahap terakhir untuk mengukur kesiapan sebelum mengikuti ujian SPMB PKN STAN yang sebenarnya.

Materi, Soal, Tryout (MST) merupakan senjata utama dalam menghadapi ujian SPMB PKN STAN. Pola MST merupakan pola hasil riset dari mereka yang berhasil lolos SPMB PKN STAN. Mengikuti tryout saja tanpa latihan soal dan menguasai materi, maka hanya 25% kemungkinan untuk lolos SPMB PKN STAN.

Mengerjakan latihan soal saja tanpa pernah mengikuti tryout dan menguasai materi, maka hanya 25% kemungkinan untuk lolos SPMB PKN STAN. Untuk lolos SPMB PKN STAN harus menguasai materi, mengerjakan latihan soal, dan mengikuti tryout.

Setelah memahami Pola MST, kemungkinan untuk lolos SPMB PKN STAN semakin besar. Dengan Pola MST, dapat dipastikan cita-cita menjadi mahasiswa PKN STAN dapat tercapai. Untuk belajar dengan Pola MST kapan saja dan dimana saja dapat menggunakan E-Learning Yukbimbel. Pola MST dalam Yukbimbel yaitu Yukbelajar (Materi), Yukbahassoal (Soal), dan Yuktryout (Tryout).

Panduan belajar di Yukbimbel mengikuti Pola MST, pertama Yukbelajar, kedua Yukbahassoal dan terakhir Yuktryout. Yukbelajar berisi materi yang dikemas dalam bentuk video pembelajaran yang menyenangkan. Selain video materi, ada kuis yang bisa langsung dikerjakan setelah menonton video dan rangkuman materi yang bisa di unduh. Setelah memahami semua materi di Yukbelajar, kemudian pelajari kumpulan-kumpulan soal di Yukbahassoal. Terakhir uji kemampuan di Yuktryout.

 

Bagaimana pola MST diterapkan di Yukbimbel?

 

  1. Yukbelajar (Materi)

Tidak menguasai materi yang diujikan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kebanyakan siswa gagal dalam ujian SPMB PKN STAN.

Kebanyakan siswa peserta ujian SPMB PKN STAN tidak menguasai bahkan tidak mengetahui materi-materi apa saja yang diujikan. Materi yang diujikan dalam ujian SPMB PKN STAN yaitu materi TPA (Tes Potensi Akademik), TBI (Tes Bahasa Inggris), dan SKD (Seleksi Kemampuan Dasar) yang terdiri dari TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensia Umum), dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi).

Tidak menguasai maupun mengetahui materi yang akan diujikan sama saja dengan berperang tanpa mengetahui kekuatan lawan, hasilnya sudah dipastikan kalah. Tidak menguasai dan mengetahui materi menyebabkan peserta ujian merasa kaget saat mengerjakan soal-soal ujian SPMB PKN STAN.

Solusi dari permasalahan tersebut yaitu sebelum mengikuti ujian, para peserta harus menguasai dan mengetahui materi-materi apa saja yang diujikan di dalam ujian SPMB PKN STAN.

Dengan menguasai dan mengetahui materi-materi yang akan diujikan, maka kemungkinan untuk berhasil mengerjakan soal yang diujikan sangat besar. Di dalam Yukbimbel Pola Materi (M) terdapat di menu Yukbelajar.

 

  1. Yukbahassoal (Soal)

Tidak pernah berlatih soal-soal ujian SPMB PKN STAN juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kebanyakan siswa gagal dalam ujian SPMB PKN STAN.

Setelah menguasai materi, kebanyakan peserta sudah yakin akan lolos SPMB PKN STAN. Menguasai materi saja tanpa pernah berlatih soal-soal membuat kemungkinan lolos SPMB PKN STAN hanya 50%. Soal-soal dalam ujian SPMB PKN STAN memang berbeda dari soal-soal ujian lainnya.

Keunikan soal-soal ujian SPMB PKN STAN terkadang membuat bingung para peserta ujian. Jika sering berlatih mengerjakan soal-soal materi ujian SPMB PKN STAN maupun soal-soal ujian tahun-tahun sebelumnya, maka akan diketahui pola dan cara pengerjaan soal yang tepat. Jika sudah mengetahui pola dan cara pengerjaan soal yang tepat, soal yang terlihat sulit akan dikerjakan secara mudah.

Bahkan ada soal-soal yang dapat dikerjakan dalam waktu kurang dari 10 detik. Setiap soal dalam ujian SPMB PKN STAN memiliki teka-tekinya masing-masing, jika sering berlatih maka teka-teki di setiap soal akan dipecahkan dengan mudah. Sebelum mengikuti ujian SPMB PKN STAN para peserta ujian wajib mengerjakan soal-soal materi ujian SPMB PKN STAN maupun soal-soal ujian tahun-tahun sebelumnya.

Jika sudah menguasai materi dan sering berlatih mengerjakan soal-soal, maka kemungkinan untuk lolos SPMB PKN STAN semakin besar. Di dalam Yukbimbel Pola Soal (S) terdapat di menu Yukbahassoal.

 

  1. Yuktryout (Tryout)

Tidak pernah mengikuti tryout yang dikhususkan untuk persiapan ujian SPMB PKN STAN merupakan faktor terakhir yang menyebabkan kebanyakan siswa gagal dalam ujian SPMB PKN STAN.

Tidak pernah mengikuti tryout menyebabkan tidak mengetahui batas waktu pengerjaan soal, jumlah soal, gambaran/tipe soal yang akan diujikan, batas minimal nilai yang harus diperoleh, dan strategi yang harus diterapkan dalam menjawab soal.

Materi TPA memiliki jumlah soal 45 soal, waktu pengerjaan 40 menit, jika menjawab benar +4, menjawab salah -1 dan tidak menjawab 0, nilai ambang batas TPA 67 berarti harus menjawab benar 17 soal. Materi TBI memiliki jumlah soal 20 soal, waktu pengerjaan 20 menit, jika menjawab benar +5, menjawab salah 0 dan tidak menjawab 0, nilai ambang batas TBI 30 berarti harus menjawab benar 6 soal.

Materi SKD memiliki jumlah soal 100 soal, waktu pengerjaan 90 menit yang terdiri dari Materi TWK memiliki jumlah soal 35 soal, jika menjawab benar +5, menjawab salah 0 dan tidak menjawab 0, nilai ambang batas TWK 75 berarti harus menjawab benar 15 soal, Materi TIU memiliki jumlah soal 30 soal, jika menjawab benar +5, menjawab salah 0 dan tidak menjawab 0, nilai ambang batas TIU 80 berarti harus menjawab benar 16 soal, Materi TKP memiliki jumlah soal 35 soal, nilai tertinggi +5, nilai terendah +1 dan tidak menjawab 0, nilai ambang batas TKP 143 berarti harus menjawab benar 29 soal (nilai tertinggi) maupun soal yang jika dijumlahkan hasilnya 143.

Dengan mengikuti tryout maka dapat mengukur kemampuan, kesiapan dan merancang strategi dalam menghadapi ujian SPMB PKN STAN yang sebenarnya. Di dalam Yukbimbel Pola Tryout (T) terdapat di menu Yuktryout.          

 

Copyright @ 2019 – Yukbimbel.com